Kami adalah aplikator waterproofing, floor hardener, epoxy lantai, grouting, injeksi beton, perbaikan beton, perbaikan bocor, waterstop, firestop, perkuatan struktur beton, frp lining & coating, sealant, angkur dan lain lain.

Kami menerima Perintah Kerja secara Nasional dari DKI Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor dan sekitarnya, Bandung, Surabaya, Bali, Kalimantan Sumatera, Makasar hingga Jayapura.

Dukungan pasokan material dari pabrikan ternama dan lokal seperti Fosroc, Sika, Basf, Cormix, Estop, Itls, Deltacrete, Ultrachem, Propan, Bostik, Hilti, dan lain lain.

Perkuatan Beton dengan Carbon Fibre Toray

Carbon Fibre CFRP bahan perkuatan beton jembatan

Perkuatan beton dengan Carbon Fibre Toray  atau CFRP ( Carbon Fibre Reincorcement Polymer ) dengan merk Toray merupakan salah satu material atau bahan perkuatan beton struktur yang dapat digunakan untuk proyek rehabilitasi jembatan sesuai dengan standard yang ditentukan oleh Kementrian Pekerjaan Umum yang dimuat dalam Spesifikasi Khusus Interim Pekerjaan Rehabilitasi Jembatan seperti yang telah kami bahas sebelumnya dalam artikel berjudul " Perkuatan Struktur Beton Proyek Rehabilitasi Jembatan " 

( Baca Juga : Proyek Rehabilitasi Jembatan Dinas Pekerjaan Umum  ) 


Dalam artikel tentang Spesifikasi Carbon Fibre Perkuatan Beton Proyek Rehabilitasi Jembatan yang kami muat sebelumnya menyatakan bahwa Bahan yang digunakan untuk jenis perkuatan yang menggunakan bahan fibre composite dengan jenis e-glass, aramid atau carbon mencakup penggunaan bahan fibre sesuai dengan gambar rencana serta bahan epoxy khusus yang digunakan untuk melekatkan bahan fibre pada struktur beton serta menjadikan bahan fibre menjadi komposit (fibre dan epoxy khusus yang menjadi satu kesatuan)

Menyinggung sedikit tentang CFRP dengan merk Toray, CFRP ( Carbon Fibre Reinforcement Polymer ) atau carbon fibre untuk perkuatan beton struktur jembatan dengan merk Toray adalah sebuah bahan atau material carbon fibre untuk perkuatan struktur beton yang dimiliki sebuah perusahaan Jepang yaitu Toray Industries, Inc. dan Toray ACE Co., Ltd.

Seperti kita ketahui bersama jika kita bicara tentang produk Jepang maka yang tergambarkan adalah sebuah kualitas terbaik dan penulis meyakini bahan carbon fibre atau material CFRP dengan merk Toray memiliki kualitas terbaik (menilai berdasar Technical Data Sheet dan hasil uji yang pernah dilakukan )


Berikut TDS dan Hasil Uji tersebut.

Carbon Fibre Toray

CFRP perkuatan beton Carbon Fibre Toray

CFRP Carbon Fibre Toray
CFRP Carbon Fibre Toray dari jepang
CFRP Carbon Fibre Toray terbaik dan termurah

Hasil Uji Bahan CFRP / Carbon Fibre perkuatan beton struktur ex Toray

hasil uji CFRP

hasil uji CFRP Toray
uji carbon untuk perkuatan jembatan

Terlihat dari data tersebut diatas bahwa sifat kering maupun sifat komposit CFRP ex Toray ini memiliki Tensile Strength dan Tensile Modulus sangat tinggi terlebih jika dibandingkan dengan merk ternama lainnya.

Pertanyaan berikutnya apakah dengan kualitas setinggi itu dan dengan membawa nama kualitas dari Jepang membuat produk ini memiliki harga yang tinggi ?? jawabnya TIDAK

Harga CFRP / Carbon Fibre Toray ini memiliki harga yang lebih murah alasannya hanya dengan menggunakan material dengan density lebih kecil (misal density 200 gr/m2) dalam hal ini Toray dengan type UT70-20G kualitasnya melebihi merk lain dengan density 300 gr/m2 ( misal produk FOSROC Nitowrap FRC 300 atau BASF Masterbrace FIB 300/50 CFS ) sehingga dengan berbedaan kualitas bahan CFRP atau carbon fibre maka terjadinya efisiensi penggunaan bahan dan pada akhirnya penggunaan Carbon Fibre / CFRP Toray sebagai bahan perkuatan beton struktur menjadi lebih murah.

Menyinggung soal CFRP / Carbon Fibre murah, pada umumnya hal ini menjadikan acuan bagi para kontraktor atau user memilih bahan carbon untuk perkuatan beton struktur, namun sebagai penulis perlu memberikan masukan bahwa kekuatan struktur adalah kunci utama sehingga jangan sampai hanya karena perbedaan harga yang tidak seberapa ( misal Rp. 100.000,-/m2 ) kualitas produk dikesampingkan yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri atau orang lain.

Untuk mempelajari materi lain silahkan kunjungi laman kami tentang Perkuatan Struktur Beton

No comments :

Post a Comment